Sejarah Sepatu Vans: Pendiri, Tahun Berdiri, Omset

Siapa yang tidak kenal Vans. Mulai dari orang awam hingga artis sangat menggemari sneakers ini. Gimana sih awal mulai pendiriannya? berikut saya sampaikan. Vans pertama diluncurkan pada tahun 1966 di Anaheim, California, Amerika Serikat yang awalnya bernama Van Doren Rubber Company. Dari nama tersebut bisa kita simpulkan bahwa pendiri vans adalah Van Doren.  Pada hari pertama diluncurkan sepatu Vans hanya laku 17 pasang saja, dan sepatu pertama yang dirilis adalah Vans Deck Shoes #44 yang sekarang kita kenal dengan nama Vans Authentic.

Setelah mengembangkan bisnisnya, pada tahun 1980 Van Doren menginisiasi membuat sepatu olahraga selain skateboard seperti basket, lari, dan bahkan breakdance.

Pada tahun 1988 ada sekelompok pemodal yang menginvestasikan modal sejumlah USD 60. Tetapi mereka tidak memahami cara untuk mengembangkan manufaktur produksi sepatu. Bahkan penjualan Vans menurun dan hampir bangkrut.

Dekade 1990, Vans mulai mengembangkan fokusnya dari manufaktur ke pemasaran. Untuk mengembangkan secara masif, Vans memulai dengan menyelenggarakan Vans Warped Tour, memberi sponsor kepada atlit dan acara olahraga ekstrim. Dan bahkan Vans mulai menjual pakaian.

Setelah 50 tahun mengembangkan bisnis, kini Vans berhasil menjual sepatu senilai USD 400 Juta per tahun! What a great journey!

Source: MonkeySquad (https://www.instagram.com/p/B4uKo7_ps93/)